Cara Membuka File Dokumen Yang Tidak Support Android

Dunia serasa berada di genggaman, mungkin itu adalah kalimat umum yang bisa diungkapan terhadap perkembangan kemajuan teknologi saat ini. Segalanya sekarang serba dibuat minimalis agar semua bisa dinikmati dalam jangkauan dan gangguan tangan. Termasuk urusan membuka file dokumen office yang lazimnya dibuka lewat perangkat PC atau laptop, kinipun bisa kita lakukan melalui perangkat android.

Trik Membuka File Dokumen Yang Tidak Support di Perangkat Android

Aplikasi pembuka file dokumen seperti file excel (xls, xlsx), word (doc, docs) atau powerpoint (ppt, pptx) di android memang banyak tersedia di Play Store salah satu contohnya yaitu WPS Office. Namun spesifikasi dan fitur perangkat android kita kadang membatasi untuk bisa membuka dan mengakses file tersebut. Padahal pada saat tertentu kita sangat ingin untuk bisa mumbuka file tersebut. Seperti kasus yang saya alami, saat membuka pesan WA ada kiriman data file dokumen, sat diklik ternyata berbunyi pesan : ” Anda mungkin tidak memiliki aplikasi yang tepat untuk melihat konten ini “. Pesan ini menunjukkan bahwa tidak adanya aplikasi di perangkat android yang support untuk membuka aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Hapus Background Foto Tanpa Aplikasi

Bagaimanakah Cara Membuka File Dokumen Yang Tidak Support Android ? ikutilah Tiga langkah sederhana berikut ini :

1. Cari letak file dokumen

Letak file dokumen antara satu perangkat dengan perangkat yang lain bisa jadi tidak sama. Namun kebanyakan perangkat android memiliki aplikasi file manager atau Pengelola File.

2. Bagikan/Simpan File ke Google Drive

Setelah menemukan file dokumen, bagikan/simpan file tersebut ke Google Drive. Google drive adalah aplikasi bawaan perangkat android. Selain fungsinya untuk menyimpan file, aplikasi tersebut juga mendukung akses membuka file dokumen walaupun hanya read only.

3. Buka File Dokumen Melalui Google drive

Trik Membuka File Dokumen Yang Tidak Support di Perangkat Android

Nah sangat mudah bukan ? Cara ini bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat tanpa harus pasang aplikasi pembuka file dokumen tambahan. Apalagi kebutuhan untuk membuka file dokumen sangat jarang dilakukan. Terlalu sayang apabila aplikasi yang dipasang jarang dan hampir tidak pernah digunakan. Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.

Add a Comment