Pengalaman Menggunakan Telegram Messenger

Tahukah Anda tentang Telegram?? Jika Anda sudah memakai aplikasi media sosial untuk berkirim pesan seperti WhatsApp, BBM, Line, Wechat dan lain-lain, ya intinya sama saja, Telegram merupakan aplikasi pendatang baru yang menawarkan berbagai macam kelebihan dari aplikasi yang sudah ada.

Salah satu kelebihan aplikasi ini tersedia di berbagai macam platform, yaitu android, IOS, windows, maupun Linux. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Telegram paling banyak tersedia diberbagai macam platform, yang sering kita sebut multi platform. Jika kita bandingkan dengan WhatsApp, WhatsApp hanya tersedia dalam bentuk platform Android, IOS Dan web saja. Ya jelaslah bahwa Dari sisi platform, Telegram paling lengkap.

Kelebihan yang lain dari Telegram yaitu tentang kecepatan dan keamanan. Aplikasi Dari Rusia ini diklaim memiliki keunggulan dari sisi kecepatan dan keamanan seperti yang diklaim pendirinya Pavel Durov karena dipakai oleh kelompok ISIS dalam berkomunikasi dan berkirim pesan. Menurut Pavel Durov, ISIS sebagai organisasi pemberontak sangat berhati-hati dalam berkomunikasi dan sangat selektif dalam memilih aplikasi untuk berkirim pesan pertimbangan utamanya yaitu keamanan.

Baiklah pada kesempatan ini saya Akan berbagi pengalaman menggunakan Aplikasi Telegram Messenger :

  1. Untuk mendapatkan aplikasi ini langsung saja ke playstore, search atau cari dengan keyword Telegram, Nah disana ditawarkan Telegram dan Telegram Talk, kita pilih Telegram dan install atau pasang.
  2. Setelah kita pasang, Registrasikan nomor yang kita gunakan sebagai identitas kontak pada aplikasi ini. Selanjutnya Akan muncul kode notifikasi via sms bahwa nomor yang kita daftarkan benar benar milik kita.screenshot_2015-12-19-21-13-07-302.jpeg
  3. Sebenarnya dengan dua langkah di atas, Telegram sudah siap digunakan. Tp perlu ada setingan tambahan biar ID kita mudah ditemukan, caranya : Masuk ke setting – buatlah gambar kontak profile Dan username. Kenapa kita perlu username? Apa Nomer hape tidak cukup? Nah inilah kelebihan Telegram, kalsu kita tambahkan username, walaupun kawan chatting kita nomornya kita tidak ketahui dan tidak ada dalam kontak, maka kita masih bisa menghubunginya melalui username.Screenshot_2015-12-23-09-57-25-286
  4. Atur juga privasi and Security kita ke orang-orang tertentu yang kita setting untuk mengetahui aktivitas dan berkirim pesan menggunakan Telegram kepada kita. Di sini kita bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat waktu terakhir saat menggunakan TekepadaScreenshot_2015-12-23-10-01-59-906.
  5. Untuk memulai chatting atau percakapan dengan teman atau seseorang yang berada di dalam kontak Telegram Messenger kita, cukup kita pilih kontaknya. Tapi jika teman atau seseorang tidak berada di dalam kontak Telegram dan kebetulan kita juga tidak atau nomor ponselnya, maka kita bisa tambahkan dengan cara menambahkan username akun Telegramnya di pencarian bagian atas halaman percakapan.Screenshot_2015-12-23-14-47-25-391

Pengalaman pertama mencoba aplikasi ini ingin rasanya menggunakannya sebagai aplikasi utama dalam berkirim pesan. Ada beberapa fitur yang tidak dimiliki aplikasi lain salah satunya adalah secret chat. Dengan menggunakan secret chat, keamanan terjaga karena tidak meninggalkan jejak di server Telegram, kemudian juga pesan difitur secret chat ini tdk bisa diteruskan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Secret Chat Pada Telegram

Keunggulan lain dari Telegram yaitu bisa digunakan untuk saling berkirim file. Nah dua kelebihan inilah yang dibanggakan Durov terhadap kempetitor utamanya yaitu Whatsapp. Kekurangan dari aplikasi ini, menurut saya adalah tidak bisa digunakan untuk telepon seperti halnya whatsapp, BBM, Line dan lainnya. Silahkan coba dan eksplor, buktikan kelebihan dari aplikasi ini.

Demikian sekadar berbagi dari saya saat mencoba menggunakan Aplikasi Telegram Messanger di Android, Semoga bermanfaat.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *