Cara Akses Dapodik Dimanapun Menggunakan Jaringan Internet

Selamat pagi, untuk kali ini saya mungkin berbagi sesuatu yang agak berbeda dari sebelumnya yaitu tentang gadget, internet, android, komputer dan lain-lain, tapi juga tidak menyimpang dari tema umum dari blog saya yaitu tentang pemanfaatan teknologi. Judul ini saya angkat tidak lepas karena ada keluhan dari teman saya selaku operator sekolah yang mengerjakan tugas tersebut sendirian dan dikejar deadline waktu yang semakin dekat. Saya mencoba bertanya lebih lanjut tentang apa itu dapodik dan memahami konten dari dapodik secara gari garis besar seperti apa. Setelah tahu gambarannya, saya mencoba berbagi tentang cara akses dapodik dimana saja lewat jaringan internet.

Aplikasi Dapodik adalah sebuah aplikasi pendataan pendidik dan tenaga kependidikan yang diberikan di tiap sekolah untuk merekam keberadaan PTK, Sarana dan Prasarana, peserta didik, rombongan belajar dan pengajaran. Aplikasi Dapodik ada dua jenis yaitu Aplikasi Dapodikdas dan Aplikasi Dapodikmen. Aplikasi Dapodikdas diperuntukkan bagi SD dan SMP. Sementara untuk Aplikasi Dapodikmen diperuntukkan untuk SMA.

Aplikasi dapodik ini saat menggunakannya bisa menggunakan perangkat (PC / Laptop)  tunggal, bisa juga dikerjakan secara bersama-sama menggunakan sistem jaringan. Pengisian data dapodik melalui jaringan bisa dilakukan tiga cara :

  1. Menggunakan kabel LAN dan Switch Hub
  2. Menggunakan Wireless Access Point
  3. Menggunakan koneksi peer to peer / AD-Hoc
  4. Menggunakan Jaringan internet dengan memanfaatkan IP Publik

Untuk pengisian dapodik nomer 1 , 2 dan 3 sudah dijelaskan semuanya di buku Panduan sukses Implementasi Dapodikmen SMA / SMK / SMLB. Nah untuk yang ke empat masih belum ada di buku panduan. Kenapa cara ke empat penting dan dapat dapat duganakan sebagai cara alternatif untuk mengurangi beban kerja seorang operator. Dengan cara ini kita bisa berbagi tugas dengan beberapa orang yang statusnya sebagai tim operator, atau bisa juga kita anggap peran operator hanya sebagai penanggung jawab atau verifikator dan tugas pengisian dibebankan pada individul PTK. Kelebihan cara ini kita bisa akses aplikasi dapodik dimana saja dan menggunakan koneksi internet apa saja.

Bagaimanakah Cara Akses Dapodik Dimanapun Menggunakan Jaringan Internet ???

Oke langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pada komputer server sebagai tempat instalasi Aplikasi dapodik diset menggunakan IP statis.
    • Jika Modem Router menggunakan IP 192.168.1.1 sebagai host-nya maka settinglah IP komputer server Dapodik dengan IP Statik misalnya 192.168.1.2
    • Untuk selebihnya komputer klien yang lain bisa mengaktifkan DHCP dengan rentang IP mulai 192.168.1.3 – 192.168.1.254
  2. Masuk di pengaturan Modem / Router dan arahkan Virtual server / DMZ Host sesuai dengan IP komputer server dapodik
    • Setingan DMZ antara merek modem/router yang satu dengan lainnya bisa berbeda. Kebetulan tutorial yang saya sampaikan ini menggunakan ZTE F660 bawaan Indihome Telkom.a2rev
    • Untuk Setting modem TP-LINK: Advanced Setup > Virtual Server
      —Application: HTTP_Server
      —Start Port Number: 80
      —Stop Port Number: 8090
      —Local IP Address: x.x.x.x (sesuaikan dengan nomor IP lokal server Dapodik dan harus dibuat statis, misalnya sesuai dengan contoh di atas 192.168.1.2)
  3. Sebenarnya dengan dua langkah di atas sudah selesai, dan dapodik siap diakses melalui internet dimanapun berada dengan menggunakan alamat : IP_Publik:8090. Untuk mengetahui alamat IP Publik yang dipakai komputer server kita bisa cek di PC komputer server dengan mengetikkan whatsmyip di Google. Jika IP Publik yang anda dapatkan 36.84.2.118, maka di tempat lain yang menggunakan jaringan internet lain pun bisa mengakses internet melalui alamat : 36.84.2.118:8090a4Permasalahannya, IP Publik selalu berganti ganti, kita tidak selamanya mau untuk mengecek IP Publik yang digunakan komputer server dan mencatatnya untuk bisa kita gunakan membuka aplikasi dapodik di tempat lain. Nah ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati ini salah satunya menggunakan bantuan penyedia layananan DDNS. Silahkan baca langkah ke empat.
  4. Salah satu penyedia DDNS yaitu No-IP.com. Anda bisa memanfaatkannya karena disitu menyediakan hostname gratisan untuk beberapa waktu. Caranya adalah sebagai berikut :
    • Sign up di http://www.noip.com/free
    • Sign In pada http://www.noip.com/free dan buatlah host baru dengan klik Host / Redirected — Add Host
    • Buatlah hostname sesuai selera kita sebagai contoh saya membuat hostname smamozar.ddns.net dan apabila sudah selesai gambarnya seperti ini :a5
    • Download dan install Dynamic DNS Update Client (DUC) pada komputer server dapodik
      • Untuk Modem/Router ZTE F660, langkah menginstal DUC tidak perlu dilakukan
    • Sign in di DUC dengan email dan password yg didaftarkan
      • Untuk Modem/Router ZTE F660, sign In-nya disetting Modem/Router  : Klik Application – DDNS a6
  5. Selesai, sekarang anda bisa akses dapodik dimanapun via jaringan internet dengan alamat:  hostname_yang_anda_buat:8090 . Karena saya membuat hostname smamozar.ddns.net, maka Aplikasi dapodik bisa dibuka melalui alamat smamozar.ddns.net:8090

Demikian sharing saya tentang Cara Akses Aplikasi Dapodik dimanapun Menggunakan Jaringan Internet, mudah-mudahan bisa membantu para operator dalam menyelesaikan tugasnya melakukan entri data pendidikan di sekolahnya masing-masing. Semoga kesejahteraan mereka diperhatikan karena telah bersusah payah membantu mensukseskan pendataan demi kemajuan pendidikan Indonesia. Wassalam.

4 Comments

Add a Comment