Cara Mudah Deteksi Dini Gempa Bumi Menggunakan Ponsel

Apakah Anda pernah merasakan tanah benar-benar terguncang, dan ini bukan Anda saja yang merasakannya, tapi juga yang lainnya. IPhone, iPad dan kebanyakan ponsel baru dapat bekerja sebagai seismograf sederhana, instrumen yang sama yang digunakan untuk mengukur besarnya gempa bumi dan gunung berapi. Di sini, di auramirza.com, Anda akan kani tunjukkan cara deteksi dini gempa bumi hanya menggunakan ponsel tanpa perlu menginstal aplikasi, dan hanya menggunakan web browser built-in akan cukup.

Tinggal di Indonesia memang harus selalu waspada, terutama terhadap gempa bumi. Ini tak lepas dari letak Indonesia di pertemuan berbagai patahan lempeng bumi yang cenderung bergerak tanpa diketahui dengan pasti waktunya. Nah, kini dengan telah adanya smartphone dan tablet Android, Anda bisa men-deteksi keberadaaan gempa bumi dan bisa sedini mungkin melakukan langkah-langkah penyelamatan.

Cara Deteksi Dini Gempa Bumi Menggunakan Ponsel

Bukalah Google Chrome atau browser Safari pada ponsel Anda (atau tablet) dan kemudian membuka halaman ini (http://ctrlq.org/earthquakes/seismograph.html). Anda akan melihat gelombang terus bergerak tetapi jika Anda sedikit goyang atau memiringkan perangkat mobile Anda, simulasi aktivitas seismik, grafik akan menangkap gerakan-gerakan ini secara real-time seperti seismograf.

Intensitas seismik akan bervariasi tergantung pada seberapa keras (atau lambat) Anda menggoyangkan ponsel (lihat screenshot berikut) dan gerakan gelombang akan berubah menyesuaikan orientasi perangkat.

cara mudah deteksi dini gempa menggunakan ponsel

Kebanyakan perangkat mobile yang lebih baru memiliki built-in accelerometer dan giroskop dan saat Anda bergerak perangkat keras fisik, perubahan orientasi perangkat dan percepatan terdeteksi oleh browser yang kemudian dipetakan ke seismograf.

Add a Comment